Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pinjaman Online atau Kredit Online

PINJAMAN ONLINE

Pinjaman Online atau Kredit Online
Pinjaman Online atau Kredit Online


Layanan pinjaman uang berbasis online atau peer to peer lending (P2P), saat ini kian banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. 

Tentu saja karena kehadiran pinjaman online atau kredit online mampu membuat sistem pinjam meminjam uang jadi semakin lebih mudah.


Pinjaman Online atau Kredit Online 


Kemudahan mendapatkan pinjaman online atau kredit ini dapat dilihat dari hal pertama, yaitu persyaratan administrasi yang harus dilengkapi oleh peminjman. 

Hanya dengan mengisi data diri, menyediakan identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), serta beberapa dokumen pelengkap yang bisa anda pilih seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Kartu Surat Izin Mengemudi (SIM) atau Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) anda sudah dapat melakukan pinjaman online. 

Syarat yang hanya berupa beberapa kartu wajib yang memang dimiliki oleh seluruh masyarakat Indonesia, menjadi salah hal yang menjadi indikator kemudahan. 

Selain itu proses pengajuan pinjaman online atau kredit online yang cepat dan tidak bertele-tele seperti jika mengambil pinjaman pada bank atau lembaga keuangan lainnya. 

Peminjam hanya perlu mendownload aplikasi pinjaman online atau kredit online baik dalam bentuk aplikasi baik di website resmi pinjaman online atau kredit online tersebut atau melalui google playstore. 

Dengan mendownload aplikasi pinjaman online atau kredit online tersebut kemudian menginstallnya pada smartphone peminjam dalam hitungan menit. 

Peminjam dapat langsung mengisi seluruh pertanyaan yang menjadi syarat mendapatkan pinjaman online atau kredit online. 

Salah satu pertanyaan yang tersedia di aplikasi pinjaman online atau kredit online juga meminta data yang perlu di upload dalam bentuk JPG/PNG/PDF yaitu KTP/KK/SIM/NPWP/BPJS. 

Bayangkan, hanya dengan menggunakan aplikasi pinjaman online atau kredit online yang peminjam dowload dan install di handphone peminjam sendiri. 

Peminjam sudah mampu mengajukan pinjaman online atau kredit online tanpa harus pergi kemana pun, menghabiskan waktu berjam-jam dalam perjalanan atau bahkan menunggu proses antrian. 

Faktor-faktor menarik diatas yang menjadi nilai jual utama dari aplikasi pinjaman online atau kredit online. Tidak bisa dipungkiri hal tersebut tentunya menjadi hal utama. 

Hal utama yang membuat adanya penambahan minat masyarakat untuk mengakses layanan pinjaman online atau kredit online tersebut. 

Namun demikian jangan salah, dari kemudahan-kemudahan yang dimiliki oleh pinjaman online atau kredit online ada juga hal lain yang bisa saja menjadi kesulitan bagi peminjam. 

Faktanya tidak sedikit orang yang terjerat dengan sistem pinjaman online atau kredit online yang diawal terlihat bergelimang dengan berbagai kemudahan. 

Mengambil alternatif melakukan pinjaman dengan pinjaman online atau kredit online yang mulanya berharap mendapatkan keuntungan namun malah mendapatkan kerugian. 

Ada begitu banyak pemberitaan yang negatif terkait kasus penyaluran pinjaman online atau kredit online yang bersumber dari berbagai media massa dan maupun media sosial. 

Kebanyakan korban akibat pinjaman online atau kredit online dalam kasus-kasus yang beredar di media massa dan media sosial merasakan ketidaknyamanan setelah memutuskan mengambil pinjaman online. 



Nggak Nyamannya Ambil Pinjaman Online atau Kredit Online 


Pinjaman online atau kredit online nyatanya memiliki korban yang merasa tidak nyaman akan mekanisme yang ditetapkan oleh pinjaman online atau kredit online tersebut. 

  • Para korban pinjaman online atau kredit online tersebut menyatakan bahwa mereka merasa tidak nyaman setelah mendapatkan beberapa hal diantaranya: 
  • Para korban pinjaman online atau kredit online merasa tertekan dan terintimidasi dengan cara yang dilakukan oleh pihak pinjaman online atau kredit online dalam melakukan penagihan, karena proses penagihan yang dilakukan tidak sesuai ketentuan. 
  • Para korban pinjaman online atau kredit online juga mendapatkan beban bunga yang tak wajar sehingga sangat mencekik mereka. 
  • Para korban pinjaman online atau kredit online merasa adanya penyebaran informasi pribadi mereka selaku pengguna pinjaman online. 
  • Sebagian para korban pinjaman online atau kredit online terkadang harus menanggung malu bahkan sampai ada yang mengalami kehilangan pekerjaan akibat berbagai rangkaian teror yang mengganggu mereka. 



Pastiin Sebelum Ambil Pinjaman Online atau Kredit Online 


Jika anda tetap memilih untuk melakukan pinjaman online, anda perlu lebih selektif untuk mendapat layanan pinjaman online atau kredit online yang paling sesuai untuk memenuhi kebutuhan anda, salah satunya dengan memperhatikan hal-hal berikut: 
  • Layanan pinjaman online atau kredit online telah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan memiliki reputasi yang baik. 
  • Layanan pinjaman online atau kredit online tersebut harus memiliki jaminan bahwa data pribadi dan aktivitas transaksi aman dan tidak akan tersebar ke pihak yang tidak bertanggung jawab. 
  • Tersedianya sistem password dalam aplikasi pinjaman online atau kredit online yang dapat mencegah timbulnya kerugian akibat adanya transaksi yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 
  • Tersedianya customer service atau contact center yang fast respon untuk menanggapi berbagai pertanyaan terkait pinjaman online. 
  • Anda dapat melihat komentar-komentar di media sosial dari pengguna pinjaman online atau kredit online sebelumnya sebelum anda menjatuhkan pilihan terhadap sebuah aplikasi pinjaman online. 

Kasus ini tentu bisa menjadi pelajaran bagi anda yang berniat mengambil pinjaman online atau kredit online supaya lebih berhati-hati dan berfikir matang sebelum memutuskan untuk meminjam uang melalui jasa pinjaman online. 



Siap Ambil Pinjaman Online atau Kredit Online 


Jadi gimana? Anda siap mengambil pinjaman online atau kredit online setelah mengetahui fakta di atas ? 

Jawabanya tentu saja bisa ya bisa tidak, hal tersebut dipengaruhi oleh kemampuan anda untuk memilih dan memilah mana hal-hal positif dan negatif dari pinjaman online atau kredit online. 

Langkah pertama, tentunya anda harus benar-benar selektif. Anda harus selektif untuk memilih layanan pinjaman online, salah satunya dengan mengambil pinjaman online atau kredit online hanya pada startup fintech yang sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Ingat bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga pengawas tertinggi di bidang keuangan di Indonesia. Jangan sampai lewatkan informasi penting dari lembaga tersebut terkait pinjaman online atau kredit online yang tumbuh dan berkembang di Indonesia. 

Langkah kedua, anda tidak boleh abai terhadap semua persyaratan atau ketentuan dari pihak jasa pinjaman online atau kredit online ketika akan melakukan pinjaman online. 

Ingat bahwa seharusnya setiap penyedia pinjaman online atau kredit online menyediakan informasi selengkap mungkin tentang model pinjaman online atau kredit online yang mereka sediakan. 

Informasi pinjaman online atau kredit online yang dibutuhkan calon peminjam akan terkait seputar : besarnya pinjaman, tenor, bunga dan kontak yang bisa di hubungi. 

Nah, dengan memperhatikan hal-hal diatas anda dapat terhindar dari berbagai kemungkinan buruk yang telah dialami oleh para pengguna layanan pinjaman online atau kredit online sebelumnya. 

Selamat memilih pinjaman online atau kredit online sesuai kebutuhan anda!