Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Generasi Milenial, Pengen Punya Rumah Sendiri, Ini Caranya

Generasi Milenial, Pengen Punya Rumah Sendiri?



Generasi Milenial, Pengen Punya Rumah Sendiri?
Generasi Milenial, Pengen Punya Rumah Sendiri?

Ini Caranya!

Sebagian besar dari generasi milenial saat ini cenderung masih sibuk menikmati karir dan pergaulan yang sedang seru-serunya di usia mereka saat ini. 

Namun sadarkah anda bahwa bonus demografi tengah menunggu untuk kita sambut ?

Ya, bonus demografi yang akan datang di tahun 2020 ini diperkirakan akan mencapai 90 juta orang penduduk. 

Anda yang berada di usia 20-30 tahun saat ini berada di usia produktif dan anda lah yang saat ini menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia.

Saat ini 1 dari 3 orang diantara anda yang hidup di Indonesia adalah generasi milenial dan pada tahun 2040 sampai dengan 2050, anda yang menjadi generasi milenial saat ini akan menjadi bonus demografi bagi Indonesia karena anda berada di usia produktif di tahun tersebut.

Membahas tentang perilaku anda sebagai generasi milenial. Fakta pertama adalah 8 dari 10 orang diantara anda merupakan generasi yang terhubung dengan internet dan 30,7% dari anda pergi ke pusat perbelanjaan paling lambat 2 minggu 1 kali.

Fakta ini menunjukkan bahwa, anda telah menjadikan internet sebagai candu dan mudah pindah kelain hati.

Fakta Kedua adalah generasi milenial seperti anda gemar melakukan liburan kapan saja dan dimana saja. Anda lebih memilih mencari pengalaman dibanding dengan berinvestasi.

Fakta ketiga adalah generasi milenial seperti anda memiliki perilaku tidak harus memiliki. Hal ini yang membuat anda tidak “segera” memiliki rumah dan kendaraan sendiri.

Data pada tahun 2019, menyebutkan bahwa generasi milenial hanya mampu menyisihkan pendapatan yang dimiliki sebanyak 2% saja untuk melakukan investasi.

Sisanya digunakan untuk membeli kebutuhan-kebutuhan non investasi dan liburan yang kalau bisa ingin dilakukan sepanjang waktu oleh generasi milenial.

Jadi kenapa hanya 2% untuk investasi? Jawabannya adalah karena “besarnya tekanan gaya hidup”

Tekanan gaya hidup bagi milenial menjadi tantangan bagi generasi milenial itu sendiri, bahwa ternyata anda sebagai generasi milenial masih kurang memiliki pengatahuan keuangan karena kurangnya literasi.

Padahal jika generasi milenial tau, bahwa berinvestasi saat ini akan lebih menguntungkan tiga sampai empat kali lipat dibanding mereka memilih untuk berinvestasi saat mendekati pensiun.

Bagaimana pun saat ini anda begitu giat untuk menjalankan aktifitas produktif anda. Akan sangat disayangkan jika anda tidak memilih satu instrumen investasi apapun saat ini.

Dalam berinvestasi anda harus memikirkan dua hal utama, pertama tujuan investasi dan kedua jangka waktu investasi. Jadi kalau bisa sekarang ngapain harus nanti dan menunda rencana investasi anda.

Milenial harus tau cara mengelola keuangan, yaitu 40% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk kebutuhan hutang-piutang, 20% untuk investasi dan asuran dan 10% untuk kebutuhan sosial lainnya.

Nah, Anda jangan lupa bahwa salah satu jenis investasi yang wajib anda pilih adalah Properti. 

Anda harus memiliki rencana dan segera mewujudkan investasi itu dalam bentuk Rumah.


Gimana sih caranya agar anda segera memiliki rumah anda sendiri ? Yuk perhatikan pembahasan berikut :


Nonkrong Less Nabung Yes !!!

Walaupun nongkrong menjadi aktivitas yang sulit anda hindari karena sudah menjadi sebuah kebiasaan bagi kaum milenial. Namun terlalu sering nongkrong dan mengeluarkan uang bukan pada “pos” yang tepat, akan menghambat rencana-rencana anda termasuk memiliki rumah.

Cukup tingginya biaya yang keluar dari aktivitas yang kadang “unfaedah” ini bukan tidak mungkin akan mengurangi kesempatan bagi anda kaum milenial untuk memiliki investasi bermanfaat untuk masa depan anda.

Anda harus bijak untuk memilih waktu-waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas nongkrong anda tanpa harus kehilangan kesempatan anda untuk berinvestasi. 

Semakin anda mampu mengelola me-time anda dalam bentuk nongkrong akan semakin mampu pula anda untuk menabung dan  memiliki rumah yang anda inginkan.

 

Rumah Gue, Gaya Gue  ^_^

Anda pasti tau dengan baik, bahwa rumah dipengaruhi oleh faktor-faktor yang membuat harganya berbeda walaupun tipe dari rumah bisa jadi sama misalnya type 36.

Selain adanya perbedaan model dan standard dari setiap developer yang membangun rumah.

Lokasi dan harga tanah tempat rumah berdiri, juga sangat mempengaruhi harga rumah yang anda idam-idamkan. 

Semakin strategis lokasi dan tanah yang anda pilih. Maka semakin besar pula dana yang harus anda miliki untuk mendapatkan rumah diatas tanah dan lokasi tersebut.

Nah anda harus pintar-pintar menentukan lokasi dan type rumah sesuai kebutuhan anda dan tentunya letak yang strategis dengan tempat anda bekerja akan menjadi pertimbangan anda dalam memilih rumah.

 

Emas ???

Ketika anda memutuskan untuk membeli rumah, baik cash atau kredit tentunya anda akan berfikir untuk mengumpulkan sejumlah uang yang nilainya tidak sedikit. 

Anda harus bena-benar serius untuk menyisihkan uang yang anda hasilkan untuk minimal menjadi DP dari kredit rumah yang akan anda ambil.

Namun terkadang berat sekali mengendalikan “trafict-cost” anda, lantas bagaimana caranya?  

Ada alternatif lain yang bisa anda ambil untuk mengumpulkan uang anda dengan “terpaksa” tapi dijamin pasti menguntungkan.

Caranya adalah dengan menabung atau kredit emas. Cara ini terbilang ampuh karena dengan sistem menabung atau kredit emas, anda akan dipaksa untuk menyicil sejumlah uang setiap bulannya, dan tentunya anda tidak dapat dengan mudah mengambilnya kembali.

Hal ini tentu saja sangat menguntungkan, karena dapat menjaga anda dari menggunakan uang untuk kebutuhan yang tidak benar-benar anda perlukan.

 

DP? Bisa Bayar Semampunya

Selain menabung emas, ada beberapa developer yang juga menawarkan promo-promo menarik seperti DP yang dapat dicicil dalam beberapa waktu. 

Hal ini tentunya akan meringankan, ketimbang harus memikirkan untuk memiliki uang dalam waktu singkat untuk mendapatkan rumah impian anda.

Anda dapat mengikuti beberapa instagram dari developer rumah di wilayah anda, untuk mendapatkan informasi terkait promo-promo rumah yang anda akan ambil.

Promo yang ditawrkan oleh developer perumahan dapat berupa diskon DP, keringanan waktu pelunasan DP bahkan Cashback yang akan anda dapatkan ketika memilih melunasi DP atau mengambil rumah pada waktu tertentu.

 

Cicilan Rendah ? Tenornya Panjang ?

Setelah selesai dengan urusan DP, hal lain yang perlu menjadi perhatian anda adalah masalah cicilan tiap bulan nya. 

Anda bisa memilih besar cicilan sesuai dengan kemampuan anda.

Jika anda ingin jangka waktu cicilan (tenor) yang singkat, maka anda harus mempersiapkan dana yang tinggi. 

Namun sebaliknya jika anda memiliki keinginan untuk mendapatkan cicilan yang rendah, maka anda harus bersiap dengan tenor yang panjang.

Dengan cicilan yang tinggi tentunya anda harus benar-benar “mengikat pinggang” anda untuk kebutuhan-kebutuhan yang tidak penting.  

Tapi jika anda memilih cicilan rendah dengan konsekuensi masa tenor yang panjang, tentunya anda dapat mengendurkan “ikat pinggang” anda dan sedikit melirik kebutuhan sekunder lainnya.


Yuk Punya Rumah Sendiri !!!