Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-macam Usaha Rumahan di Tahun 2021 dan Tips untuk Memulainya

Macam-macam Usaha Rumahan di Tahun 2021 dan Tips untuk Memulainya
Macam-macam Usaha Rumahan di Tahun 2021 dan Tips untuk Memulainya


Macam-macam Usaha Rumahan di Tahun 2021 dan Tips untuk Memulainya - Karena usaha sampingan menjadi salah satu opsi untuk memperoleh pendapatan lebih maka anda juga harus bijaksana dalam mengeluarkan semua modal. 

Mulailah dengan membuat daftar usaha apa yang akan anda buat, kemudian anda juga bisa meminta saran dari orang-orang yang sudah dan mungkin sedang menjalani bisnis yang serupa. 

Meski sifatnya usaha rumahan namun bukan berarti tanpa perhitungan sama sekali. 

Usaha jual pulsa sekalipun yang terlihat sangat sepele dapat membuat anda bangkrut. Kunci yang utama agar anda sukses adalah dengan kesabaran dan konsistensi. 

Macam-macam usaha rumahan di tahun 2021 tentu tidak akan memberikan anda profit jutaan rupiah pada sekejap waktu.

Salah satu dari macam-macam usaha rumahan di tahun 2021 adalah:

  •  Usaha reseller dan dropship

Usaha rumahan ini terbilang sangat aman jika dibandingkan dengan usaha yang lainnya. Usaha ini dibilang aman karena barang yang dijual merupakan barang jadi dan sudah dikenal oleh banyaak orang sehingga tidak perlu melakukan promosi dan pemasaran lagi. 

Selain itu kita juga bisa melakukan retur kepada supplier ketika barang yang kita jual kembali mengalami kerusakan. 

Selain itu kasus seperti expired dan afkir juga bukan menjadi tanggung jawab reseller. 

Usaha reseller seperti kaos jersey bola dan baju muslim merupakan contoh yang sedang tren tahun ini.

  • Jasa pengeditan foto

Anda yang memiliki jiwa seni tinggi dan menguasai desain bisa membuka usaha ini. Jasa pengeditan foto masih belum begitu banyak dibuka untuk publik.

  • Membuat aksesoris dan pernak-pernik

Bisnis ini cocok bagi ibu rumah tangga sebagai usaha sampingan. Hanya dengan modal kecil, Anda bisa membuat berbagai aksesoris rambut maupun pernak-pernik yang cantik dan unik, misalnya kalung, gelang, bros, dan sebagainya.

  • Penjualan Tiket Online dan Tour And Travel

Hanya dengan modal Personal Computer dilengkapi jaringan internet, Anda bisa membuka bisnis jasa ini. Selain itu, telepon juga penting untuk membuat relasi dengan berbagai penyedia jasa tour and travel yang menawarkan berbagai paket wisata. 

Bisnis ini juga bisa Anda lengkapi dengan penjualan tiket online, dimana yang promo dan murah banyak diburu.

  • Jasa les privat

Membuka jasa les privat untuk bidang keahlian tertentu dapat Anda lakukan. Anda bisa menekuninya sehingga usaha ini semakin berkembang. Modalnya tidak besar, hanya dengan menyesuaikan dengan keahlian yang dimiliki, Anda bisa memperoleh penghasilan dari bidang ini.

Tentunya peluang bisnis modal kecil yang bisa dikerjakan dari rumah ini dapat memberikan kemudahan bagi Anda dalam memperoleh penghasilan. 

Caranya mudah karena Anda bisa melakukannya sendiri tanpa modal besar dan bantuan pegawai. Jadi, Anda juga tak perlu bingung mengeluarkan uang berlebih, terutama untuk menggaji orang yang bekerja pada Anda. 

Ada banyak jenis usaha rumahan hari ini daripada sebelumnya. Ada beberapa penyebab untuk ini, termasuk pertumbuhan telecommuting, peningkatan kesulitan ekonomi, dan menurunkan upah entry-level. 

Hal ini dapat berlebihan pertama kalinya bahwa Anda mencoba untuk memilih antara semua jenis usaha rumahan yang tersedia. 

Untungnya, dengan melihat tiga karakteristik mendefinisikan bahwa setiap kesempatan memiliki, dapat mudah untuk secara otomatis menghilangkan sebagian besar pilihan yang tersedia. 

Kuncinya adalah memahami karakteristik ini dan bagaimana mereka akan mempengaruhi jenis usaha rumahan Anda secara keseluruhan.

Tiga karakter jenis usaha rumahan di tahun 2021

  • Online dan Off-line

Karakteristik dasar pertama dalam bisnis rumahan yang perlu Anda pertimbangkan adalah apakah Anda lebih suka bekerja secara online atau off-line. Ada hal-hal tertentu yang benar kebanyakan bisnis online.

Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda di depan komputer. Anda akan memiliki jadwal kerja yang fleksibel dan Anda akan berhadapan dengan khalayak nasional atau di seluruh dunia. 

Bisnis off-line cenderung jauh lebih lokal ditargetkan dan memiliki satu set yang lebih ketat jam. Mereka juga cenderung membutuhkan Anda untuk berurusan dengan orang lain melalui tatap muka kontak ketimbang melalui internet.

  • Produk dan Layanan/Jasa

Karakteristik fundamental berikutnya dari jenis bisnis berbasis rumah adalah bahwa mereka baik memiliki produk atau jasa. Hal ini penting untuk mempertimbangkan untuk sejumlah alasan.

Jika bisnis Anda sebagian besar produk didorong, maka Anda akan diminta untuk baik membeli atau membuat produk sendiri serta saham mereka di rumah Anda.

Jika Anda berfokus pada penyediaan layanan, maka Anda mungkin tidak memiliki rumah apapun di rumah Anda, tetapi Anda akan dibatasi untuk jumlah klien yang dapat menampung didasarkan pada seberapa banyak waktu yang Anda ingin menghabiskan bekerja setiap hari.

  • Full-Time dan Part-Time

Karakteristik akhir dari semua jenis bisnis berbasis rumah adalah bahwa mereka baik akan memerlukan komitmen penuh waktu atau paruh waktu. 

Ada semakin banyak peluang bisnis paruh waktu yang dirancang untuk orang-orang hanya dapat mendedikasikan beberapa jam per hari atau bahkan seminggu. 

Tujuan dari jenis usaha rumahan ini adalah untuk membantu orang menghasilkan pendapatan tambahan, tetapi tidak cukup untuk menggantikan pekerjaan mereka saat ini. Di sisi lain, jenis usaha rumahan cenderung membutuhkan 30-40 jam per minggu atau lebih untuk menjadi sukses.


Hal penting dalam bisnis online terbaru:

Dalam bisnis online terbaru ada beberapa bisnis yang dapat kita lakukan yaitu pertama adalah bisnis dalam memasarkan jasa. 

Penjualan tenaga dan pikiran yang di info kan lewat media online ini dapat menguntungkan karena tidak perlu diumumkan dengan suara ataupun berjalan, dengan internet saja semua orang bisa mengetahui jasa yang kita lakukan. 

Jasa tersebut bisa dengan membuat artikel atau pun cerpen untuk dimasukkan ke dalam blog atau website agar pengunjung dapat membaca serta menambah wawasan dengan artikel tersebut.

Dalam bisnis juga dapat membuat artikel tentang binis apa yang ingin dipasarkan agar semua orang bisa tau bisnis yang sedang dijalani. 

Semua itu memerlukan media online agar mempermudah dalam pelaksanaan serta efisien dalam waktu. 

Jasa ini dapat diumumkan via blog yang telah kita buat menarik ataupun di share dalam media sosila facebook ataupun twitter. 

Sangat ampuh sekali agar banyak peminat untuk menggunakan jasa kita tetapi tetap saja harga yang di berikan seimbang dengan hasil kerja kita.

Banyak sekali yang memilih memakai bisnis ini, selain kerjanya bisa dilakukan di rumah juga bisa membagi waktu untuk keperluan lainnya. 

Bisnis yang kedua dapat kita sebut sebagi bisnis menawarkan barang. Contoh dari bisnis online ini ialah okeshop yang menjual berbagai produk dan dipasarkan via online. 

Ada juga berniaga dot com yang menyediakan jasa penjualan barang agar pembeli dengan mudah mencari barang yang diinginkan.

Ini juga sangat mempermudah proses pembelian dan penjualan karena cukup melihat barang yang tertera pada media social ataupun website.

Kita bisa memilih dan membeli langsung dan pembayaran dikirim via rekening serta barang dikirim juga lewat pos ataupun jasa pengiriman barang lainnya.

Banyak manfaat dari bisnis online terbaru yang dapat membantu kita, selain menghemat waktu juga bisa menghasilkan uang.