Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Milenial Mau Investasi Properti ? Gampang Banget, Ini Caranya

Milenial Mau Investasi Properti ? Gampang Banget, Ini Caranya.

Milenial Mau Investasi Properti ? Gampang Banget, Ini Caranya
Milenial Mau Investasi Properti ? Gampang Banget, Ini Caranya



Investasi properti merupakan salah satu bentuk investasi yang tergolong aman dan memiliki resiko yang kecil. Belum lagi fakta yang menunjukkan bahwa nilai investasi di bidang properti sangat jarang mengalami penurunan malah selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. 

Banyaknya keuntungan dari memiiliki invesatasi properti tidak serta merta membuat bentuk investasi ini mudah dipilih oleh setiiap orang yang ingin berinvestasi, terutama generasi milenial. 

Generasi mileniial masih termasuk dalam kalangan yang menduga bahwa investasi properti hanyya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki modal yang sangat besar. Padahal faktanya adalah saat ini telah banyak muncul financial technology (fintech) startup crowdfunding property yang dapat memfasilitasi generasi milenial untuk memiliki bisnis properti dengan mudah. 

Jika biasanya untuk membangun rumah atau apartemen dibutuhkan biaya 500 juta, dengan memanfaatkan startup crowdfunding property anda bisa menhadi pengusaha perumahan hanya dengan 500 ribu saja. Kok bisa? Gini nih caranya ...

Sebelumnya anda perlu tau dulu apa itu Financial Technology, Startup dan Crowdfunding. 

Pertama, Financial Technology adalah salah satu jeniis perusahaan dalam bidang jasa keuangan yang digabungkan dengan teknologi. Manfaat yang ditawarkan fintech adalah kemudahan layanan finansial bagi siapa saja yang ingin melakukan transaksi apapun. Hadirnya fintech membuat siapa pun bisa berinvestasi apa saja. 

Kedua, Startup adalah sebuah perusahaan yang baru saja di bangun atau baru saja di rintis. Namun hal ini tidak dimaksudkan untuk semua jenis usaha. Istilah startup lebih dimaksudkan untuk perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan informasi yang berkembang di dunia online, salah satunya fintech. 

Ketiga, Crowdfunding adalah alternatif sumber modal untuk berbagai ide inovatif yang tidak memiliki modal untuk menjalankan usahanya. Unsur utama sebuah crowdfunding adalah website dan pemilik modal. Para pemilik modal yang ingin menanamkan modal pada sebuah usaha akan berkumpul dan mengumpulkan dana yang dibutuhkan untuk usaha tersebut dan dana yang terkumpul akan dicairkan kepada yang membutuhkan modal. Istilah mudahnya adalah patungan modal.



INVESTASI CROWDFUNDING PROPERTY 

Crowdfunding properti adalah sebuah wadah yang banyak dikembangkan saat ini bagi para pengusaha dan pebisnis di Indonesia. Ada banyak sekali perusahaan yang ikut ambil bagian dalam sektor crowdfunding di Indonesia. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya keuntungan yang ditawarkan oleh crowdfunding properti ini. 

Crowdfunding properti adalah salah satu upaya untuk dapat menghimpun dana bersama-sama (patungan) yang diperuntukkan bagi kebutuhan investasi. 

Sederhananya investasi crowdfunding dijalan dengan cara patungan bersama dengan sesama penanam modal, melalui website atau aplikasi smartphone secara digital. 

Dengan melakukan investasi secara crowdfunding anda dapat menjadi bagian dari kepemilikan sebuah properti dengan modal yang terjangkau, misalnya dimulai dari 1% saja dari total harga properti. 

Misalnya harga sebuah rumah adalah Rp. 500.000.000,- maka kamu cukup menyediakan uang sebesar Rp. 5.000.000,- untuk memiliki 1% kepemilikan dari total properti tersebut. 



MEKANISME CROWDFUNDING PROPERTY 

Cara melakukan investasi nya bagaimana? 

Invidu atau kelompok mentransfer dana ke platform crowdfunding properti sebagai penggalang dana investasi. 

Dana yangg telah dikumpulkan oleh platform crowdfunding properti kemudian di investasikan pada properti yang dipilih. 

Pembagian keuntungan akan dilakukan sesuai dengan kontrak di awal. 

Terus, bagaimana caranya mendapat keuntungan dari uang yang sudah di investasikan? 

Properti yang sudah kamu miliki bersama dengan para pemodal lainnya akan disewakan. Keuntungan dari sewa properti tersebut akan diberikan kepada kamu dan pemodal lainnya dengan cara bagi hasil sesuai kontrak yang telah disepakati di awal. Besaran darii keuntungan tersebut akan di beritahukan dalam Rapat Umum Pemegang Modal. 

Crowdfunding biasanya di kelola dengan beberapa cara yaitu Crowdbuild, Crowdflip dan Crowdrent. Perbedaan utama dari ketiga metode tersebut adalah : Crowdbuild membiayai pengembangan proyek real estat atau perumahan; Crowdbuild membiayai unit real estat dalam jangka pendek dan Crowdrent membiayai unit real estate dengan jangka waktu yang lebih lama atau diatas 2 tahun atau lebih. 



KEUNTUNGAN CROWDFUNDING PROPERTY 

Investasi dalam bentuk crowdfunding property merupakan solusi bagi kamu yang mau berbisnis properti tapi belum memilki modal yang besar. 

Prosesnya sangat mudah karena cukup melalu sistem online baik melalui website atau aplikasi. 

Tidak perlu mengurus periizinan properti yang ribet, karena sudah di urus oleh perusahaan penyedia crowdfunding property. 



KERUGIAN CROWDFUNDING PROPERTY 

Keuntungan yang dihasilkan dari investasi ini membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Adanya resiko likuiditas yang membuat keuntungan tidak dapat dinikmati dalam waktu dekat. 



PERUSAHAAN CROWDFUNDING PROPERTY 

1. PROVESTY 

Provesty menyatakan bahwa mereka adalah crowdfunding yang fokus pada investasi pada bidang properti yang pertama di Indonesia. Visi utama mereka adalah memberikan kemudahan dan aksesibilitas kepada setiap orang untuk dapat memulai investasi pada bidang properti dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. 

Dengan melakukan investasi bersama dengan Provesty, investor dianggap dapat turut berkontrubusi dalam pemerataan pembangunan di Indonesia. 

Keunggulan yang ditawarkan : 
  • Mudah. Daftar dalam 5 menit & Invest di properti mulai dari Rp 1 juta. 
  • Transparan. Dapatkan update real time tanpa adanya Hidden fee. 
  • Diversifikasi. Minimalisasi resiko dengan investasi di berbagai Properti. 
  • Kontribusi. Turut berkontribusi dalam pertumbuhan investasi sektor riil. 

2. CrowdDana 

CrowdDana adalah salah satu bentuk investasi gotong royong. Investasi bersama dalam bentuk aset properti yang menjanjikan keuntungan secara berkala serta mudah dijangkau oleh masyarakat luas karena hanya membutuhkan modal investasi kecil, likuiditas dan biaya transaksi yang rendah. 

CrowdDana menghubungkan pemilik usaha dan investor. Investor akan mendapatkan kepemilikan dalam bentuk saham yang bisa di jual-belikan melalui website CrowdDana. 

Keunggulan yang ditawarkan : 
  • Menguntungkan. Keuntungan dalam bentuk dividen yield & capital gain. 15% - 25% per tahun*. 
  • Aset Likuid. Kepemilikan bisnis dalam bentuk saham, dan dapat diperjualbelikan di market place. 
  • Modal Kecil. Investasi dengan modal kecil yang terjangkau untuk masyarakat luas. 
  • Biaya Rendah. Biaya transaksi yang rendah dibanding standar industri bisnis. 

3. Nabung Properti

Napro atau Nabung Properti adalah platform crowdfunding dalam bidang investasi properti yang menawarkan besaran modal bagi para pemodal mulai dari Rp500.000,-. Harapannya adalah agar setiap orang dapat ikut berinvesasti dengan nyata, aman, pasti dibangun dengan keuntungan minimal 12-30% pertahun. 

Keunggulan yang ditawarkan : 
  • Nyata. Adanya bukti pembelian unit properti dari Pengembang (PPJB). 
  • Aman. Modal investasi pasti kembali meskipun unit belum terjual dalam waktu 3 tahun. 
  • Pasti Bangun. Unit Properti yang ditawarkan adalah dari Pengembang yang Terpercaya. 
  • Rental Guarantee. Jaminan Sewa hingga 12%/ tahun yang akan dibagikan setiap 6 bulan. 
  • Opportunity Gain. Peluang mendapatkan Total keuntungan minimal 12% s/d 30%/tahun. 

4. Invesproperti.id 

Invesproperti.id adalah salahh satu crowdfunding syariah yang ada di Indonesia. Invesproperti.id fokus pada investasi di bidang properti. Invesproperti.id menjanjikan akann memberikan kemudahan bagi setiap orangg untuk mendapatkan keuntungan dalam investasi properti.