Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Bansos 2021 Rp 300 Ribu

Cara Cek Bansos 2021 Rp 300 Ribu

Cara Cek Bansos 2021 Rp 300 Ribu
Cara Cek Bansos 2021 Rp 300 Ribu 

Cara Cek Bansos 2021 Rp 300 RibuPemerintah berencana akan menyalalurkan bantuan bansos 2021 sebesar Rp 300 ribu kepada 10 juta masyarakat Indonesia. Bantuan itu disebut dengan istilah bantuan langsung tunai.

Ada 3 bantuan langsung tunai (BLT) yang diberikan pada Januari 2021, yakni Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH), dan kartu sembako/Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) Jabodetabek/luar Jabodetabek.

Bansos ini merupakan jaring pengaman sosial bagi masyarakat miskin maupun yang paling terdampak secara sosial ekonomi akibat wabah virus SARS COV-2 selama hampir setahun.

Kementerian Sosial akan menyalurkan program BST itu kepada keluarga yang telah memenuhi persyaratan, dan terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Penyaluran Bansos 2021 akan dilaksanakan pada POS Indonesia di masing-masing daerah kita.


Berikut ini adalah persyaratan untuk mendapatkan Bansos 2021 Rp. 300 ribu:

  • Calon penerima bansos merupakan masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di desa.
  • Calon penerima bansos merupakan mereka yang kehilangan pekerjaan di tengah pandemi Covid-19.
  • Calon penerima bansos merupakan orang yang tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial lain dari pemerintah pusat seperti Program Keluarga Harapan (PKH), kartu sembako, paket sembako, Bantuan Pangan Nontunai (BPNT), hingga kartu prakerja.
  • Jika calon penerima bansos tidak mendapatkan bansos dari program lain, tetapi belum terdaftar oleh RT/RW, maka bisa langsung menginformasikannya ke aparat desa.
  • Apabila calon penerima memenuhi syarat, tetapi tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), tetap bisa mendapatkan bansos tanpa harus membuat KTP terlebih dulu. Penerima mesti berdomisili di desa tersebut dan menulis alamat lengkapnya.
  • Jika calon penerima sudah terdaftar dan datanya valid maka BST Kemensos Rp300 ribu akan diberikan secara tunai dan nontunai.

Ada 2 cara penyaluran bansos 2021 yaitu:

  1. Cara nontunai diberikan melalui transfer ke rekening bank penerima.
  2. Cara tunai akan diantarkan langsung oleh petugas pos ke rumah KPM, kolektif melalui aparat desa, bank milik negara, atau diambil langsung di kantor pos terdekat.


Untuk mengetahui apakah kita termasuk ke dalam daftar penerima Bansos 2021, silakan simak Cara Cek Bansos 2021 Rp 300 Ribu di bawah ini:

1. Silakan kunjungi web berikut ini 

2. Selanjutnya masukkan NIK, Nama dan Kode Capcha yang ada di samping, contohnya seperti di bawah ini.

Cara Cek Bansos 2021 Rp 300 Ribu
Cara Cek Bansos 2021 Rp 300 Ribu

3. Setelah kita memasukkan NIK, NAMA dan Kode Capcha, maka jika data kita terdaftar sebagai masyarat yang mendapat 3 bantuan sosial (BANSOS) dari pemerintah yaitu, PKH, BST, dan BPNT. Maka akan tampil seperti di bawah ini:


Cara Cek Bansos 2021 Rp 300 Ribu


4. Dari keterangan gambar di atas dapat disimpulkan bahwa data di atas merupakan orang yang berhak mendapatkan Bansos 2021. Jika kita perhatikan gambar di atas maka dapat kita lihat bahwa data orang di atas mendapatkan 2 bansos yaitu 1. PKH tahun 2020, 2. BSP/BPNT tahun 2020.


Demikian Cara Cek Bansos 2021 Rp 300 Ribu, semoga dapat membantu, terima kasih.