Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Lulus CPNS 2021

CARA LULUS CPNS 2021
CARA LULUS CPNS 2021


Cara Lulus CPNS 2021

Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama.

Calon Pegawai Negeri Sipil belum mengikuti kewajiban untuk memenuhi syarat sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan gaji 100%.

Menurut informasi dari berbagai sumber, pendaftaran dan formasi penerimaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 akan dibuka pada Bulan April 2021.

Pemerintah kembali membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun ini. Setidaknya ada 1,3 juta PNS baru yang dibutuhkan

Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Teguh Widjinarko mengatakan, pendaftaran akan dibuka pada awal kuartal II tahun 2021.


Berikut rincian 1,3 juta formasi CPNS yang dibuka tahun 2021 ini:


  • 1 juta guru PPPK melalui skema yang menjadi program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (untuk Pemda)
  • Untuk Pemda (diluar guru) ditentukan sebesar sekitar 189 ribu yang terdiri dari, 70 ribu PPPK jabatan fungsional selain guru, dan 119 ribu CPNS untuk berbagai jabatan teknis yang sangat diperlukan (termasuk tenaga kesehatan).
  • Untuk instansi pemerintah pusat ditentukan kebutuhan sebesar sekitar 83 ribu dengan persentase 50% PPPK dan 50% CPNS.

 

Nah, setelah tahu formasi CPNS 2021, kita perlu menyiapkan diri agar bisa lulus CPNS 2021. Maka, pada kesempatan ini, kita akan membicarakan faktor-faktor atau Cara lulus CPNS 2021 dari pengalaman teman-teman kita yang sudah lulus CPNS 2019.


Adapun Cara Lulus CPNS 2021 telah kami himpun di bawah ini sebagai berikut:


1. Berdoa


Melibatkan Allah dalam segala sesuatu termasuk dalam mengikuti Tes CPNS 2021. Jangan lupa berdoa, minta kepada Allah untuk bisa mengikuti tes CPNS 2021 dengan lancar dan dapat menjawab soal-soal yang telah diberikan panitia CPNS 2021.


2. Doa Orang Tua


Doa orang tua atau ridha orang tua sering disebutkan adalah ridha Allah SWT. Ketika orang tua sudah ridha, Allahpun akan ridha juga kepada kita.

Doa orang tua dapat membantu kita dalam melancarkan segala usaha kita dalam mencapai keinginan kita yaitu agar bisa lulus CPNS 2021.


3. Banyak Bersedekah


Dengan banyak bersedekah, Allah akan melancarkan segala usaha kita termasuk usaha untuk bisa lolos CPNS 2021.

Bersedekah tidak perlu banyak, yang penting bersedekah itu sering. Kalau ditanya bersedekah kepada siapa? Kita bisa bersedekah kepada orang yang sedang membutuhkan di sekitar kita.

Contohnya orang-orang yang terdekat dengan kita, baik keluarga atau tetangga kita. Bisa juga kepada para tukang bersih-bersih di Mushala atau Masjid, Tukang angkut-angkut sampah di lingkungan kita.


4. Berlatih Soal Try Out CPNS


Perbanyak try out, banyak platform yang menyediakan try out, kita bisa cari infonya di Google dan di grup-grup WhatsApp, Fb dan Telegram.


5. Ikut Bimbel CPNS


Kita bisa mengikuti bimbel-bimbel yang ada di sekitar kita atau ikut bimbel online, namun perlu diperhatikan adalah Bimbel yang akan kita ikuti itu, sudah mempunyai alumni yang lulus CPNS 2021 atau tidak

Karena itu menjadi indikator bahwa apa yang mereka ajarkan itu dapat membantu kita untuk bisa menjawab soal-soal saat mengikuti SKD.


6. Belajar dari Buku dan Aplikasi Tentang Soal SKD CPNS


Belajar dari buku dan aplikasi Saat mempersiapkan tes SKD CPNS, Nike mengaku banyak belajar dari buku-buku SKD seperti dari terbitan Gramedia. Ia menyempatkan untuk membaca dan melatih untuk mengerjakan soal-soal SKD CPNS.

Abi punya cara tersendiri. Ia belajar melalui aplikasi soal Computer Assisted Test (CAT). Ia sebelum tidur melatih untuk menjawab soal-soal TWK.


7. Luangkan Waktu Khusus


Menurut teman-teman kita yang lulus, perlu bagi kita meluangkan waktu untuk mempersiapkan SKD menjadi salah satu kunci sukses lulus CPNS.

Perlu niat dan meluangkan waktu untuk belajar, buka buku di waktu luang, dan belajar soal-soal SKD.

 

8. Survei Tempat Ujian


Saat kita ingin mengikuti tes SKD, lebih baik bagi kita untuk mengetahui tempat ujian yang telah ditentukan.

Kita perlu estimasi waktu untuk menempuh lokasi tempat ujian dari rumah kita.

Jangan sampai kita telat mengikuti ujian SKD, jika kita telat sama saja kita tidak akan lulus, karena waktu kita sudah habis untuk menjawab SKD.

 

9. Teliti


Kita sebagai pelamar CPNS perlu teliti dalam mengerjakan soal-soal SKD. Setiap soal di tes SKD banyak soal-soal yang menjebak dan memerlukan pemahaman lebih lanjut.

Soal-soal TIU biasanya menuntut kamu untuk mengerjakan soal-soal tentang logika dan kemampuan berhitung. 

Bila, tak teliti mengerjakan, kita tak akan mendapatkan poin dari soal yang diuji. 

 

10. Manajemen Waktu Saat Mengerjakan Soal SKD


Kita tidak hanya dituntut untuk tepat dalam menjawab, melainkan kita juga dituntut cepat.

Tes SKD memiliki waktu pengerjaan yang telah ditentukan. Kita perlu mengerjakan soal dari yang termudah dan dikuasai.

Sementara, kita bisa melewati soal-soal yang dirasakan lebih sulit. "Jangan wasting time di soal yang susah. Lebih baik soal-soal yang susah nanti bisa dikerjakan.


11. Kerjakan Dengan Tenang Lihat

 

Ketenangan dalam mengerjakan soal tes SKD CPNS sangat diperlukan. Apalagi bila kita sangat mendambakan posisi PNS dan baru pertama kali mengikuti proses CPNS.

Jangan biarkan rasa gugup menguasai diri kita saat tes SKD. Kalau kita terlalu gugup, justru akan menghilangkan fokus kita untuk mengerjakan tes SKD.


12. Datang Lebih Awal


Kita lebih baik datang lebih awal untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan seperti terkena macet, tersasar, atau kendala pada kendaraan yang kita kendarai.

Datang satu jam lebih awal di lokasi tes SKD, akan lebih baik. Bila terlambat datang ke lokasi tes SKD, waktu untuk mengerjakan soal ujian akan berkurang.

 

Demikianlah beberapa Cara Lulus CPNS 2021 yang telah kami himpun dari berbagai sumber.

Semoga bermanfaat dan dapat membantu kita untuk Lulus CPNS 2021.