Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Lamaran Kerja Tamatan SMA SMK MA dan Sederajat

Contoh Surat Lamaran Kerja Tamatan SMA SMK MA dan Sederajat

Contoh Surat Lamaran Kerja Tamatan SMA SMK MA dan Sederajat
Pada kesempatan ini Kita akan membahas tentang contoh surat lamaran kerja. 

Adapun contoh surat lamaran kerja yang kita akan bahas adalah Contoh Surat Lamaran Kerja Tamatan SMA SMK MA dan Sederajat.

Hal ini kita lakukan agar kita yang tamatan SMA SMK MA dan Sederajat jangan salah menulis surat permohonan kerja pada sebuah perusahaan. 

Semoga kita yang tamatan SMA  SMK MA dan Sederajat ini dapat memahami postingan Contoh Surat Lamaran Kerja Tamatan SMA SMK MA dan Sederajat dengan baik. 

Agar menambah pengetahuan kita dalam membuat surat lamaran kerja tamatan SMA SMK MA dan sederajat.

Ada baiknya kita mengetahui pengertian dari surat lamaran kerja, tujuan dan fungsinya.


Pengertian Surat Lamaran Kerja


Surat Lamaran Kerja adalah surat dari seseorang yang berhubungan dengan ajuan untuk mengisi suatu pekerjaan sesuai dengan posisi atau lowongan yang ditawarkan. 

Selanjutnya setelah kita mengetahui pengertian surat lamaran kerja, kita perlu tahu juga, apasih tujuan dari surat lamaran kerja tersebut?


Tujuan Surat Lamaran Kerja


Tujuan dibuatnya surat lamaran pekerjaan ini adalah permohonan untuk bergabungnya seseorang terhadap instansi tertentu. Surat lamaran pekerjaan biasanya berbentuk sebagai surat pengantar atas berbagai lampiran lain sehingga menjadi satu berkas lamaran kerja.


Fungsi Surat Lamaran Kerja


Surat lamaran kerja bukan hanya berfungsi sebagai syarat formal melamar pekerjaan semata. Surat lamaran mempunyai posisi yang sangat penting bagi pekerja, karena funsi dari surat lamaran kerja itu adalah sebagai berikut


1. Permohonan Resmi

Surat lamaran kerja berfungsi sebagai pengganti diri Kita untuk hadir langsung dan memohon pekerjaan kepada pemimpin atau HRD perusahaan. 

Saat Kita mengirimkan surat lamaran pekerjaan, maka perusahaan akan menganggap Kita serius mencari kerja di tempatnya. Maka, lamaran Kita pun akan segera diproses, baik diterima atau ditolak sesuai klasifikasi Kita nantinya.


2. Alat Komunikasi

Kalimat pada surat lamaran kerja mengandung informasi dasar siapa diri kita atau pelamar yang mencari pekerjaan di perusahaan tersebut. 

Surat lamaran kerja biasanya dilengkapi dengan dokumen lain berupa CV (Curiculum Vitae), ijazah, transkrip nilai, sertifikat keahlian, dan lain sebagainya.

Informasi-informasi inilah yang dijadikan sebagai dasar pertimbangan perusahaan dalam menjaring calon pegawai. Mereka akan memanggil kandidat calon pegawai yang latar belakang pendidikan serta prestasinya memenuhi kualifikasi perusahaan.


3. Bahan Pertimbangan HRD

Informasi yang ada pada surat lamaran kerja dapat menjadi kunci Kita untuk dapat dipanggil tes dan interview. Semakin bagus dan benar Kita dalam membuat surat lamaran kerja, maka pihak HRD akan melirik Kita.

Apalagi jika Kita berhasil menggunakan bahasa formal yang santun, maka poin plus untuk dipanggil akan bertambah.



Langkah – langkah membuat Contoh Surat Lamaran Kerja Tamatan SMA SMK MA dan Sederajat 


Dalam membuat surat lamaran kerja tamatan SMA SMK MA dan Sederajat, ada beberapa langkah yang perlu kita perhatikan dengan baik yaitu:


1. Menulis tempat dan tanggal surat

Langkah pertama yang harus dilakukan saat menyusun surat lamaran pekerjaan ialah menulis tempat dan tanggal surat tersebut dibuat.


Contoh:

Banda Aceh, 28 Oktober 2021


2. Kepada Yth. nama serta alamat surat yang akan dituju


Tuliskan nama surat yang akan dituju dan alamat lengkap perusahaan. Jika kita tidak mengetahui nama HRD sebuah perusahaan, kita cukup mengosongkannya saja, kita bisa menuliskan dengan Yth. Bapak/Ibu.


Contoh:

Kepada

Yth. Bapak/ Ibu

HRD PT. Abang Adik

Jl. Simpang Surabaya Kota Banda Aceh


3. Salam hormat dan pembukaan


Kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja, paling tidak mencantumkan dari mana kita mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja perusahaan yang kita tuju, baik dari surat kabar maupun internet, atau teman kita. Kemudian, sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang kita pilih dalam perusahaan tersebut.


Contoh

Dengan hormat,

Berdasarkan info lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui koran Serambi, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan pada Bapak/Ibu pimpin untuk menempati bagian Account Executive di PT. Abang Adik


4. Biodata pribadi


Dalam biodata pribadi, tuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, e-mail. Jika kita ingin menulis latar belakang pendidikan, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi kita.


Contoh

Nama: Slamet Sentosa

Tempat, tanggal lahir: Sleman, 15 November 1996

Email: pujarabbana@gmail.com

Handphone/ No WhatsApp: 081326754321


5. Pengalaman kerja dan kemampan yang dimiliki


Sebagai fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, kita bisa menuliskan pengalaman magang jika kita pernah magang di sebuah perusahaan. Kita juga bisa menuliskan organisasi yang pernah diikuti atau sekiranya menunjang dengan posisi yang lamar.

Tulis juga kemampuan yang dibutuhkan dalam perusahaan tersebut. Cantumkan keahlianmu dalam bentuk kalimat yang singkat dan padat. Ingat, kita membuat surat, bukan sebuah artikel.

Dalam akhir kalimat, tulislah bahwa kita mempunyai keinginan kuat agar diterima di perusahaan tersebut.


Contoh


Saya mampu bekerja dalam tim, rasa ingin tahu yang tinggi, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Semasa kuliah, saya aktif berorganisasi di Himpunan Mahasiswa FMIPA yang menjabat sebagai Hubungan Masyarakat. 

Posisi yang saya ajukan sesuai dengan minat dan pengalaman saya. Saya percaya bahwa saya akan menjadi anggota yang baik untuk perusahaan.


6. Penutup


Buatlah sebuah penutup yang manis dalam surat lamaran kerjamu. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih.


Contoh


Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya untuk diberi kesempatan mengikuti seleksi wawancara agar saya dapat menjelaskan potensi saya lebih rinci.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih


7. Lampiran surat lamaran kerja


Agar perusahaan yang kita tuju makin tertarik untuk menerimamu, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai kita. Tetapi, ada beberapa perusahaan yang juga meminta kita melampirkan hal lain, seperti surat kesehatan, transkrip nilai, dan lain-lain.

Kita perlu mencermati syarat apa saja yang harus dipenuhi saat kita akan melamar pekerjaan. Beberapa hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran ialah:


  • Pasfoto (foto terbaru)
  • Daftar riwayat hidup atau CV
  • Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah kita ikuti)
  • Portofolio 


8. Hormat saya, (tanda tangan dan nama lengkap kita)

Tanda tangan dan nama lengkap terletak di bawah pojok kanan surat.

Contoh

Hormat saya,


(Tanda tangan)

Selamat Sentosa




Contoh Berbagai Informasi Tentang Lowongan Pekerjaan Tamatan SMA SMK MA dan Sederajat


Berikut di bawah ini adalah sebuah contoh informasi pekerjaan yang akan kita lamar. Sebagai berikut iklan informasi pekerjaan tersebut.


Lowongan Pekerjaan


Kami 3 Dara, perusahaan yang bergerak dalam bidang Penjualan Online, membutuhkan Tenaga kerja untuk di posisikan sebagai Custumer Service dengan kualifikasi sebagai berikut :


  1. Wanita, usia maksimal 25 tahun ( belum menikah )
  2. Shalat 5 waktu
  3. Minimal berpendidikan lulusan SMA SMK MA dan Sederajat
  4. Diutamakan tidak sedang kuliah / tidak mengikuti kegiatan lain
  5. Fasih dalam berbahasa indonesia yang baik dan sopan
  6. Jujur, cekatan, percaya diri dan rajin
  7. Disiplin dan bertanggung jawab
  8. Mampu mengoperasikan Komputer
  9. Menguasai Microsoft Excel dan Words
  10. Gaji pokok, bonus dan jenjang karir


Kirimkan lamaran ke faricakit@gmail.com dengan melengkapi syarat-syarat sebagai berikut:


  1. CV atau Riwayat Hidup
  2. Foto Copy Ijazah terakhir
  3. Pas foto terbaru
  4. No HP Yang valid
  5. Foto Copy KTP ( Kartu Tanda Penduduk )

Atau bisa juga diantar Jl. Inong Balee No. 2851 Kelurahan Lamnyong Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh.

Demikianlah contoh informasi Lowongan Pekerjaan. Maka sekarang kita akan membuat surat lamaran kerja tamatan SMA SMK MA dan Sederajat, dan di harapkan teman – teman menyimak contoh surat lamaran kerja tamatan SMA SMK MA dan Sederajat di bawah ini.


Contoh Surat Lamaran Kerja Tamatan SMA


Hal : lamaran kerja                                                      Jumat, 20 Oktober 2021


Kepada Yth :

Bapak/Ibu  Pimpinan

3 Dara 

Di Jl. Inong Balee No. 2851 Kelurahan Lamnyong Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh


Dengan Hormat,


        Berdasarkan informasi yang saya dapat dari koran Serambi, bahwa 3 Dara membuka lowongan pekerjaan. Dengan surat  ini saya bermaksud untuk mengajukan Permohonan Kerja  dalam perusahaan Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian yang saya maksud adalah bagian dari Custumer Service di 3 Dara.


Mengenai data diri saya, dapat saya jelaskan secara singkat sebagai berikut :


Nama :  Ismail

Tempat /Tgl Lahir :  Aceh Besar, 01 Juni 19995

Jenis Kelamin :  Laki-Laki

Usia :  21 Tahun

Pendidikan Terakhir :  SMAN 1 Kota Banda Aceh

Alamat :  Desa Prada Kec. Syiah Kuala Kota Banda Aceh

Hp/WA/ Email:  0852 7790 0921 / ismail@gmail.com


        Saya Alumni SMAN 1 Kota Banda Aceh. Saya saat ini dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, dalam bekerja saya mengutamakan ke disiplinan, kejujuran serta kerja keras, dan rajin.

Untuk melengkapi beberapa data yang di perlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/ Ibu pimpin di waktu akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri saya sebagai berikut:


  1. Pas foto ukuran 3×4 1 Lembar
  2. Fotocopy Ijazah 1 Lembar
  3. Fotocopy KTP 1 Lembar
  4. Fotocopy Transkip Nilai 1 Lembar
  5. Curriculum Vitae 1 Lembar
  6. Fotocopy Kartu Keluarga 1 Lembar
  7. Fotocopy Sertifikat Pendukung 2 Lembar


Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan,saya sangat berharap dapat bergabung dengan Perusahaan 3 Dara atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,


Ismail


Demikianlah Contoh Surat Lamaran Kerja Tamatan SMA SMK MA dan Sederajat. Semoga dapat menjadi pedoman kepada teman – teman. 

 


Cara Agar Dapat Diterima Bekerja Pada sebuah Perusahaan


Tentu teman – teman ingin dapat diterima bekerja pada sebuah perusahaan. Namun tentu kita bingung bagaimana cara agar dapat diterima pada perusahaan tersebut. 

Tentu sebagai masyarakat yang tinggal di Indonesia, tentu tidak asing lagi dengan istilah orang dalam, dengan adanya orang dalam tentu kita akan dapat mudah diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Atau dapat juga kita membayar orang untuk memasukkan kita ke perusahaan tersebut. Itu adalah cara-cara sering di jumpai dan cara kedua merupakan cara yang merugikan kita ya, kenapa? Karena harus membayar orang, belum bekerja saja sudah mengeluarkan uang.

Namun tidak semua cara-cara di atas berlaku bagi semua orang, ada juga yang murni masuk dan diterima bekerja pada sebuah perusahaan dikarenakan kemampuan yang kita miliki sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.

Untuk dapat diterima bekerja pada sebuah perusahaan sebaiknya kita perlu melakukan hal-hal seperti di bawah ini:


  1. Menyesuaikan kompotensi kita pada kriteria yang diminta perusahaan
  2. Membuat surat lamaran pekerjaan yang sesuai
  3. Dapat melewati interview atau ujian


Nah 3 hal di atas yang perlu kita perhatikan. Semoga kita dapat diterima bekerja pada perusahaan yang kita lamar.


Apakah Sulit Mencari Pekerjaan Tamatan SMA SMK MA dan Sederajat?


Jika pertanyaan seperti demikian, itu kembali kepada diri kita, jika kita memiliki kemampuan dan menguasai di satu bidang contoh katakanlah kita jago desain grafis.

Maka jika ada dibuka lowongan bekerja untuk desain grafis, maka kemungkinan kita akan diterima jika kita melamar pekerjaan di tempat itu, karena kita memiliki kemampuan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.


Perusahaan Yang Kebanyakan Memperkerjakan Tamatan SMA SMK MA dan Sederajat 


1. PT Indomarco Prismatama


PT Indomarco Prismatama beroperasi sebagai indomaret adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang minimarket. Dimana perusahaan ini merupakan satu anak perusahaan dari Salim Group.


Tentu kita sudah melihat berbagai indomaret di kota kita. Perusahaan ini sangat sering sekali membuka lowongan pekerjaan. Maka saya sarankan supaya teman — teman melamar pada perusahaan ini.


Akan tetapi perusahaan ini tidak memperkerjakan yang sudah di atas 23 tahun di bagian minimarketnya. Maka sebab itu saya sarankan teman – teman untuk memahami informasi lowongan pekerjaan yang di berikan.


2. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk


PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang minimarket juga. Dimana nama toko ini sering di kenal dengan Alfamart.


Pada perusahaan ini juga sering membuka lowongan pekerjaan. Dimana perusahaannya ini sudah tersebar di penjuru indonesia. Mulai dari Sabang sampai Merauke.


Nah, semoga saja kita dapat bekerja pada perusahaan ini karena perusahaan ini cukup baik dalam memberikan gaji karyawan, gaji yang diberikan sesuai dengan UMK setiap kota yang ada.



Penutup


Demikianlah artikel tentang Contoh Surat Lamaran Kerja Tamatan SMA SMK MA dan Sederjat.

Semoga artikel ini menjadi wawasan dan menambah informasi yang berguna kepada kita yang ingin membuat Surat Lamaran Kerja Tamatan SMA SMK MA dan Sederajat, semoga berhasil.


Post a Comment for "Contoh Surat Lamaran Kerja Tamatan SMA SMK MA dan Sederajat"