Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Zoom Versi Lama untuk PC Windows 7, 8, 10, 11

Download Zoom Versi Lama untuk PC Windows 7, 8, 10, 11
Download Zoom Versi Lama untuk PC Windows 7, 8, 10, 11 


Download Zoom Versi Lama untuk PC Windows 7, 8, 10, 11  - Sejak pandemi COVID-19 telah berdampak pada hampir setiap negara di bumi. Jika memungkinkan, bisnis, organisasi, dan institusi harus mengikuti kebijakan WFH (Work from Home). Dalam rangka membatasi penularan COVID-19, dilakukan pengurangan interaksi sosial dan fisik (Social Distancing). Karyawan dan pelajar harus bekerja dari rumah sesuai aturan WFH.

Konferensi video adalah pilihan yang lebih disukai karena kurangnya sentuhan langsung dan komunikasi tatap muka. Karyawan dan siswa dapat berkomunikasi, mengadakan rapat, dan webinar menggunakan konferensi video, sehingga pekerjaan dan aktivitas lainnya dapat dilanjutkan. Ini adalah keputusan dan budaya baru yang mungkin digunakan sekarang dan di masa depan, meskipun berbagai masalah muncul.

Ada banyak sistem, baik gratis maupun berbayar, yang dapat digunakan untuk melakukan konferensi video, antara lain Zoom Meeting, Google Meet, GoToMeeting, Teams, dan lainnya. Zoom adalah yang paling disukai dan sering digunakan karena menawarkan lebih banyak fitur dan fungsi daripada pesaing. Zoom Meeting mencakup kemampuan seperti Zoom Room, Webinars, Recording, dan Share Screen. Lihat konsep, fitur, dan cara menggunakan bagian Zoom di bawah ini untuk informasi selengkapnya.


Pengertian Zoom Meeting Secara Umum

Dengan penggunaan komputasi awan dan enkripsi TLS 256-bit, pengguna Zoom dapat melakukan konferensi video pribadi. Perusahaan Amerika Zoom Video Communications, Inc., dengan kantor pusatnya di San Jose, California, menciptakan Zoom. Eric Yuan, mantan eksekutif di Cisco Webex, memulai Zoom pada 2011. Perusahaan go public pada 2013.

Pengguna Zoom dapat berkomunikasi satu sama lain, menyelenggarakan rapat dan webinar, mengobrol, dan berpartisipasi dalam diskusi grup di Saluran. Zoom adalah pengganti untuk bekerja dan belajar di banyak bisnis dan institusi di seluruh dunia. Layanan Zoom mendukung berbagai macam sistem operasi, termasuk MacOS, Windows, Linux, iOS, Android, Aplikasi Web, dan ekstensi untuk Google Chrome dan Firefox.

Ada dua pilihan untuk melakukan pembicaraan di Zoom, keduanya gratis untuk rapat dengan maksimal 100 peserta dan batas waktu 40 menit. Zoom menawarkan kebutuhan yang dapat disesuaikan untuk pengguna meskipun berbayar. Biaya bulanan, yang berkisar dari $15 hingga $100, sangat masuk akal. Dalam perjalanan pertumbuhannya, status Zoom sebagai bisnis menjadi unicorn pada 2017 dengan valuasi $1 miliar. Akibat wabah virus COVID-19 yang menyebar ke seluruh dunia sejak awal tahun 2020, penggunaan layanan Zoom terus berkembang.


Fitur aplikasi Zoom

Saat menggunakan Zoom, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan diingat. Berbagai layanan Zoom memiliki berbagai tujuan dan persyaratan, seperti Zoom Meeting untuk on-demand meeting dimana-mana. Dengan mengajak banyak orang untuk berpartisipasi, Zoom Webinar dapat memenuhi kebutuhan Acara Webinar di kampus, di sekolah, atau di institusi lain. Zoom Room menawarkan fitur dan alat yang lebih lengkap untuk rapat di berbagai ruang. Semua layanan ini memiliki karakteristik mendasar berikut;

1. Support audio dan video

Sebagai layanan video conference, tentunya Zoom support dengan HD (High Definition) Audio dan Video. Dalam sebuah meeting, kebutuhan untuk bicara dan bertatap muka tentu sangat dibutuhkan, meskipun dalam beberapa kesempatan banyak pengguna mematikan fungsi audio dan video agar maksimal dalam mendengarkan. Selain itu, berbicara secara bergantian akan lebih baik sehingga tidak mengganggu pembicara lain.

Banyak masyarakat Indonesia yang masih menengah ke bawah sehingga penggunaan fitur video lebih banyak dikurangi karena keterbatasan kuota internet. Mengingat semakin lama menggunakan fitur video juga berimbas pada kuota internet yang cepat habis.


2. Berbagi layar (share screen)

Dalam sebuah meeting, terkadang pengguna perlu melakukan presentasi untuk menjelaskan tujuan dan maksud. Kebanyakan presentasi biasanya dalam bentuk slide PowerPoint (PPT) untuk mempermudah dalam menjelaskan. Nah, Zoom sendiri support dengan fitur semacam ini, di mana pengguna dapat memanfaatkan fitur Share Screen.

Apa itu Share Screen? Share Screen merupakan fitur Zoom yang memungkinkan pengguna untuk berbagi layar komputer, dokumen yang dibuka, file yang diakses secara online (Google Drive, Dropbox, Microsoft OneDrive, dst) hingga berbagi kamera kedua. Fitur ini tidak hanya berfungsi untuk presentasi dokumen, namun lebih dari itu.


3. Penjadwalan (schedule)

Sebelum melakukan meeting, seorang admin dapat membuat jadwal meeting terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar pengguna yang akan berpartisipasi tahu dan dapat bersiap-siap untuk mengikutinya. Ketika membuat jadwal meeting, admin dapat mengatur tanggal dan jam sesuai keinginan. Sementara untuk batas meeting antara 30 menit – 14 jam. Untuk versi gratis, admin hanya bisa memiliki batas waktu hingga 40 menit, sedangkan versi premium memiliki batas waktu lebih panjang.


4. Keamanan

Bicara mengenai keamanan, setiap komunikasi dan data yang dibagikan melalui Zoom akan di enkripsi menggunakan teknologi keamanan 256-bit TLS encryption. Banyak media menginformasikan bahwa Zoom berpotensi tidak aman. Banyak kontroversial terjadi, namun Zoom terus melakukan perbaikan dan pengembangan agar semua layanan dan fitur aman digunakan.


5.  Chat

Zoom juga menghadirkan fitur chat sehingga para pengguna dapat saling berdiskusi ketika melakukan meeting atau webinar. Menariknya lagi, semua chat tersebut tersimpan dalam sebuah riwayat (history) sehingga pengguna dapat melihatnya kembali. Pengguna juga dapat mengirimkan file, screenshot, dan dokumen dalam. Semua file tersebut akan tersimpan selama 10 tahun, dan setelah waktu tersebut habis maka file secara otomatis terhapus dari server.


6. Recording

Ketika melakukan meeting, admin juga dapat merekam (recording) dan menyimpannya dalam komputer. Fitur ini sangat penting sekali sehingga setiap meeting yang dilakukan dapat tonton kembali atau ketika ada pengguna lain yang tidak bisa join tetap dapat melihatnya. File recording secara otomatis tersimpan ke komputer, tetapi jika pengguna ingin menyimpan ke cloud maka admin perlu melakukan upgrade ke paket premium dengan harga antara $40 sampai $500.


7. Reactions

Butuh reactions dalam sebuah meeting atau diskusi? Tenang saja, Zoom hadirkan fitur reactions untuk membuat suasa terasa seru dan menyenangkan. Dalam berkirim pesan (chat) di Zoom tanpa meeting juga tersedia fitur reactions sehingga pengguna dapat memberikan reactions kepada pengguna lain yang sekiranya menarik dan seru.


8. Raise Hand

Fitur Raise Hand di aplikasi Zoom, memungkinkan peserta, panelis, co-host, dan host agar bisa mengangkat tangan mereka jika akan bertanya atau menjawab pertanyaan.


9. Immersive View

Lewat fitur Immersive View, video call lewat Zoom seolah-olah sedang berada di ruangan, seperti kelas dan ruang rapat.


10. Beauty filter

Mungkin kamu terlambat bangun untuk menghadiri rapat atau terlalu malas untuk berdandan karena hanya bekerja di rumah. Hal tersebut bisa diatasi dengan fitur Beauty Filter yang ada di Zoom.

Cara mengaktifkan fitur ini juga sangat sederhana. Buka aplikasi Zoom di laptop kamu, lalu klik tombol panah atas yang terletak di pojok kanan bawah. Setelah itu, klik Video Settings dan centang kotak Touch Up My Appearance di bagian bawah video.


11. Jadwal kelas

Fitur baru yang dirilis oleh Zoom yakni jadwal kelas yang mana dalam fitur ini maka pengajar baik guru maupun dosen dapat menjadwalkan kelas yang akan diadakan pada hari berikutnya dan pengajar dapat langsung menuju Schedule Meeting dan membuat Room Zoom yang akan digunakan di kelas untuk hari berikutnya.


12. Latar belakang & blur untuk chromebook

Fitur selanjutnya yang baru dirilis oleh Zoom yakni latar belakang & blur untuk chromebook. Chromebook merupakan salah satu jenis laptop yang dioperasikan dengan Chrome OS. Sehingga dengan demikian bagi anda pengguna chromebook maka anda sudah dapat menggunakan Zoom dan menambahkan latar belakang virtual dan zoom.


13. Peningkatan ruang breakout (Breakout Rooms)

Fitur selanjutnya yakni breakout rooms yang merupakan salah satu fitur Zoom yang dapat memudahkan pengguna untuk masuk ke dalam ruang-ruang virtual kecil di samping main room. Penggunaan breakout room dapat memudahkan pengajar maupun peserta didik untuk berdiskusi dalam kelompok.

Selain itu, Zoom juga telah melakukan pembaharuan pada audio yang mana sekarang ini audio yang ada pada main room dapat tersambung ke setiap breakout room.


14. Fitur tambahan chat dan ruang tunggu (Waiting Room)

Waiting room yang merupakan fitur baru yang digunakan untuk mengirim pesan audio dan video lewat Zoom chat serta mengganti nama peserta di ruang tunggu.

Selain itu, Zoom juga telah menyediakan video asinkronus yang mana para pengguna dapat mengunduh video terlebih dahulu hingga 3 menit sebelum memberikan tanggapan.


15. Anywhere polls

Selanjutnya fitur anywhere polls yang merupakan sebuah fitur yang diperuntukkan bagi para engguna baik peserta didik maupun pengajar untuk melakukan pemungutan suara (polls) di mana saja.

  • download zoom 5.4.0 for pc
  • zoom 5.7.5 download
  • zoom 5.7.5 pc
  • download aplikasi zoom di komputer
  • download zoom 5.3.1 for pc
  • download zoom versi 5.5.2 for pc
  • download zoom versi 4.6 11
  • download zoom premium for pc
  • download zoom for pc 32 bit
  • download zoom for pc windows 7
  • zoom for windows 7 32 bit offline installer
  • download zoom windows 7 64 bit
  • download zoom for windows vista 32 bit
  • free download zoom meeting for windows 10 32 bit
  • download zoom versi 5.6 7 for pc
  • download zoom rar
  • download zoom meeting for pc
  • download zoom untuk laptop
  • download zoom for pc 64 bit
  • download zoom for pc terbaru
  • zoom cloud meeting for pc
  • zoom meeting login
  • aplikasi zoom
  • download zoom 5.7 3
  • download zoom versi 5.6.7 for pc
  • zoom meeting for pc offline installer
  • download zoom pro for pc
  • updating to zoom version 5.0 zoom help center
  • zoom 5.5.0 blur background download
  • free download zoom meeting for windows 10 32 bit
  • download zoom meeting pro
  • download zoom beta for pc
  • zoom 5.9 7 download
  • updating to zoom version 5.0 zoom help center
  • free download zoom meeting for windows 10 32 bit
  • download zoom 32 bit
  • download zoom pro for pc
  • download aplikasi zoom untuk laptop windows 7
  • download zoom windows 7 64 bit
  • zoom 5.9.0 download
  • zoom download for windows 7
  • zoom app download for pc windows 10
  • zoom versions
  • zoom updates 2022
  • zoom version history
  • zoom cloud meeting
  • zoom 5.11.1 download
  • zoom 5.9.1 download for windows 10
  • zoom 5.10.1 download
  • zoom 5.11.1 release notes
  • zoom 5.9.3 free download
  • zoom download
  • zoom beta version download
  • zoom download for windows 10


Download Zoom Versi Lama untuk PC Windows 7, 8, 10, 11